Pages

Wednesday, October 31, 2018

Tugas Berat Solari di Real Madrid

Liputan6.com, Madrid - Entah apa yang ada di kepala Santiago Solari ketika mendengar dirinya ditunjuk sebagai caretaker pengganti Julen Lopetegui di Real Madrid. Yang jelas, pria 42 tahun itu memiliki tugas yang maha berat.

Solari bukanlah pelatih berpengalaman. Pengalaman kerjanya sebagai pelatih hanya di Real Madrid Castilla (tim yunior Los Blancos). Rekornya juga tak bagus-bagus amat.

Dari 86 pertandingan, ia hanya mampu membawa Castilla meraih 32 kemenangan, 29 kali imbang dan 25 kekalahan. Ini artinya persentase kemenangan pria Argentina itu cuma 37,21 persen.

(AFP Photo/Gabriel Bouys)

Keraguan pun muncul soal kemampuan Solari. Banyak yang pesimistis ia bisa mengikuti jejak Zinedine Zidane.

Nama terakhir juga mengawali karier di Castilla, sebelum akhirnya sukses besar di tim senior. Ia membawa Los Blancos meraih sembilan gelar dalam 2,5 tahun.

Masalahnya, Solari bukanlah Zidane. Ia tak punya karisma yang dihormati para penggawa Los Blancos. Zidane adalah legenda abadi di Santiago Bernabeu dan punya karier sempurna.

Pemain sekelas Cristiano Ronaldo pun segan dengannya. Sementara Solari memang pernah membela Real Madrid (2001-2005), namun bukanlah ikon seperti Zidane.

Selain itu, Zidane juga memiliki Ronaldo di dalam timnya, pemain dengan kemampuan mencetak 50 gol per musim. Kini, pemain asal Portugal itu sudah pindah dan efeknya sangat terasa.

Kalau tidak percaya, tanyakan kepada Lopetegui. Nama terakhir cuma bertahan 14 pertandingan di Madrid gara-gara kehilangan Ronaldo.

Karim Benzema, Gareth Bale, sampai Marco Asensio tak bisa memikul beban tim seperti Ronaldo. Kedatangan Mariano Diaz dari Lyon juga tak ada gunanya.

(AFP/Gabriel Bouys)

"Meskipun berada dalam situasi yang sama seperti Zidane, saya tidak mengharapkan transisi yang sukses akan terulang. Dengan segala hormat pada pekerjaan Solari, dia sepertinya tidak cukup baik sekarang untuk menjadi pelatih permanen Madrid," kata legenda Brasil, Rivaldo, seperti dilansir Soccerway.

"Dia akan berada di sana hanya untuk satu atau dua pertandingan, cepat atau lambat Madrid akan mencapai kesepakatan dengan pelatih baru. Saat ini Solari adalah pilihan yang baik karena dia tahu klub dan pemain, tetapi bagaimanapun saya tidak berpikir dia akan tetap waktu yang lama karena dia masih belum siap," Rivaldo menambahkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Bola Terkini, Jadwal Pertandingan, Klasemen, Hasil Liga kalo berita tidak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Q8IubJ

No comments:

Post a Comment